22 Januari 2010

Riri Riza Sang Kuldesak

Pria Ini dilahirkan di Makasar 2 Oktober 1970. Pria Berkacamata ini adalah seorang sutradara terkenal penulis naskah, produser film asal Indonesia. Pria dengan nama lengkap Mohammad Rivai Riza atau yang biasa di kenal  dengan nama Riri Riza.

Banyak sekali buah karya yang pernah ia lahirkan dari pria berpenampilan kalem ini di ataranya adalah film dokumenter, iklan layanan masyarakat, video klip dan film layar lebar. Ia joga jebolan dari Institut Kesenian Jakarta yang sampai saat ini sering sekali berkolaborasi dengan sahabatnya Mira Lesmana.

Salah satu film perdana yang di sutradarainya di layar lebar adalah Kuldesak di produksi tahun 1996 dan di rilis tahun 1998 bersama Mira Lesmana, Nan T. Achnas dan Rizal Mantovani sebagai penulis naskah skenarionya.


Kemudian menyusul Petualangan Sherina (2000), Eliana, Eliana (2002), Gie (2005), Untuk Rena (2005), 3 Hari untuk Selamanya (2007), Laskar Pelangi (2008) film dari buku karya Andrea Hirata yang fenomenal, Takut: Faces of Fear (2008) - Segmen Titisan Naya Drupadi (2008) dan Sang Pemimpi sekuel Laskar Pelangi (2009).

Lalu film dokumenternya berjudul Anak seribu pulau, siulan Bambu Toraja dan Kupu-kupu di atas Batikku. serta ada juga filmnya yang di putar khusus di stasiun Swasta RCTI untuk memperingati Hari Anak-anak Internasional tahun 1997.

Selanjutnya apalagi kira-kira yang akan di lahirkan dari karyanya, kita pasti tunggu dan lihat.

Tags: , , ,

Find Me On Social Media Network

Subscribe

Dapatkan update! terbaru artikel film, info film, sinopsis film dari blog ini GRATIS! bro and sis #menggo (apa ini? apa itu?)

© 2013 Sinopsis film, Artikel film, Review film, deepBLOG-film. Nonton Yuk!.
ReDesign : @depalpiss | Salam Ceria by : C Design | Thanks To SpicyTricks